top of page
Search
Writer's pictureainendent

Greenpeace Indonesia, Save The Earth.



Hi folks!


Topik kali ini adalah Go Green. Aku happy banget bisa join dengan organisasi pecinta peduli bumi yang disebut Greenpeace Indonesia.


Apa itu Greenpeace Indonesia?

Greenpeace memiliki misi untuk membuat dunia yang lebih hijau dan damai. Greenpeace hadir karena bumi yang rapuh ini perlu suara. Butuh solusi. Butuh perubahan. Butuh aksi. Greenpeace memiliki landasan prinsip dan nilai-nilai dasar yang tercermin dalam setiap aksi kampanye lingkungan kami.

Sejarah Greenpeace.

Di tahun 1971, dengan motivasi menjadikan dunia menjadi hijau dan damai, sekelompok aktivis berlayar dari Vancouver, Kanada, untuk melakukan protes terhadap rencana uji coba bom nuklir Amerika Serikat di pulau Amchitka, pesisir barat Alasaka.

Bersama greenpeace, aku semakin terdidik how to save the earth together.

Posisi aku disini adalah sebagai volunteer. Ini memang bukan hal baru namun aku enjoy banget bisa berkontribusi bersama greenpeace. Terms yang perlu kami telusuri bersama greenpeace adalah ilmu tentang geology, geography, ecology, environment, natural resources, human impact, earth's structure, earth processes, earth's atmosphere, earth observation, earth's history, earthquakes and seismic activity, water bodies, landforms,

weather and climate. Jadi volunteer disini gak hanya melulu demo protes, namun kami diberi pengajaran disiplin ilmu tentang bumi.


Selain itu, kami diperkenankan build awareness terhadap issue" lingkungan seperti

Climate Change, Biodiversity Loss, Pollution, Deforestation, Resource Depletion, Habitat Fragmentation, Waste Management, Ocean Acidification, Ecosystem Degradation, Water Scarcity, Land Degradation, Air Quality, Energy Transition, Environmental Justice, Policy and Governance.


Sebagai contoh simplenya adalah import waste atau sampah impor sudah menumpuk bertahun tahun sebagai sebab dari kunjungan wisatawan mancanegara maupun local itu sendiri yang membuang sampah plastic ke Indonesia.


Muncul beberapa pertanyaan untuk mengendalikan aksi pembuangan sampah impor sebagai berikut.


  1. Apa langkah-langkah konkret yang dapat diambil pemerintah untuk mencegah masuknya sampah impor ke negara kita?

  2. Bagaimana cara memastikan bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam impor sampah mematuhi regulasi dan standar lingkungan yang berlaku?

  3. Apa saja dampak lingkungan dan kesehatan yang dapat timbul akibat pembuangan sampah impor yang tidak terkontrol?

  4. Bagaimana kita dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya pembuangan sampah impor dan pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan?

  5. Apakah ada upaya diplomasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghentikan impor sampah dari negara-negara tertentu?

  6. Bagaimana melibatkan sektor swasta dalam upaya mengatasi masalah pembuangan sampah impor?

  7. Apakah ada alternatif lain yang dapat dieksplorasi selain impor sampah untuk memenuhi kebutuhan bahan baku daur ulang?

  8. Bagaimana kita dapat meningkatkan pengawasan terhadap impor sampah agar tidak terjadi pembuangan ilegal?


Yuk, Bersama Mewujudkan Dunia yang Lebih Hijau!



-- ai --



41 views0 comments

コメント


bottom of page