top of page
Search
Writer's pictureainendent

November Autumn in Turkey

Updated: Dec 24, 2022

Bursa - Konya - Kuşadası - Pamukkale - Cappadocia - Ankara - Istanbul



Turkey disebut juga dengan intercontinental country atau negara lintas benua menjadi pusat wisata mancanegara terbesar sejak tahun 2000an. Wilayah geografis Turki yang berada di antara Benua Asia dan Eropa selalu menarik untuk dikunjungi.


Mulai dari Bursa, kami mengunjungi Yeşil Camii or Green Mosque, juga dikenal sebagai Masjid Mehmed I, adalah bagian dari kompleks yang lebih besar di sisi timur Bursa, Turki, bekas ibu kota Turki Ottoman sebelum mereka merebut Konstantinopel pada tahun 1453. Kompleks ini terdiri dari sebuah masjid, türbe, madrasah, dapur dan kamar mandi.


Next, masih di Bursa. Grand Mosque of Bursa atau Ulu Camii menarik perhatian kami. Ulu Camii adalah masjid bersejarah di Bursa, Turki. Sejak ditugaskan oleh Ottoman Sultan Bayezid I untuk memperingati kemenangan besarnya di Pertempuran Nicopolis dan dibangun antara 1396 dan 1399, dibangunlah masjid ini dengan 20 kubah.


Kota Konya pun wonderful. Sebagai ibu kota Turki Seljuk dari abad ke-12 hingga ke-13, Konya menempati peringkat sebagai salah satu pusat budaya besar Türkiye. Selama periode pertumbuhan budaya, politik dan agama itu, mistikus Mevlana Celaleddin-i Rumi mendirikan sebuah tarekat sufi yang dikenal di Barat sebagai Darwis Berputar.


Makam Mevlana dengan ubin hijau yang mencolok adalah bangunan paling terkenal di Konya. Terlampir di mausoleum, bekas seminari darwis sekarang berfungsi sebagai museum yang menampung manuskrip karya Mevlana dan berbagai artefak yang berkaitan dengan mistisisme sekte tersebut.


Setiap tahun selama paruh pertama bulan Desember, upacara Şeb-i Arus (Malam Pernikahan) diadakan untuk memperingati Mevlana Celaleddin-i Rumi, dengan gerakan memutar atau sema yang dikendalikan seperti kesurupan dari pria berjubah putih menciptakan pertunjukan yang memukau untuk penonton.


Kuşadası adalah kota resor pantai di pantai Aegean barat Turki. Titik tolak untuk mengunjungi reruntuhan klasik di dekat Ephesus (atau Efes), itu juga merupakan tujuan kapal pesiar utama. Promenade tepi laut, marina, dan pelabuhannya dipenuhi dengan hotel dan restoran. Tepat di lepas pantai Pulau Pigeon terdapat kastil Bizantium bertembok yang pernah menjaga kota, terhubung ke daratan melalui jalan lintas.


Pamukkale, salah satu distrik paling penting di Denizli dalam hal budaya dan pariwisata, adalah rumah bagi tempat-tempat wisata seperti travertine Pamukkale dan kota kuno Hierapolis, yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai situs alam dan arkeologi. Situs penting lainnya di Pamukkale adalah Mata Air Panas Karahayıt, Kereta Gantung Denizli dan Dataran Tinggi Bağbaşı, Akhan Caravanserai, Taman Lavender Gözler, Seyir Tepesi, dan Taman Çamlık serta museum, tujuan ekowisata, dan dataran tinggi. Anda juga dapat mengunjungi Laodikeia (Laodicea di Lycus), kota kuno Denizli yang penting lainnya, dengan fitur bangunan megah dan pernah menjadi rumah bagi salah satu dari Tujuh Jemaat Asia yang disebutkan dalam Kitab Wahyu. Laodikeia terletak 15 km dari Pamukkale.


Cappadocia, “the land of beautiful horses” seperti yang disarankan oleh salah satu interpretasi dari nama Katpatuka, adalah kunci dari segudang kemungkinan potensial untuk menjelajahi dan mengalami negeri yang fantastis ini, mulai dari berkuda hingga bersepeda, dari penjelajahan hingga masakan mewah. Tidak peduli musim atau waktu dalam setahun, negeri fantasi ini memiliki sesuatu untuk merangsang, memikat, dan menyegarkan indra.


Ankara, ibu kota Türkiye, adalah kota terbesar kedua setelah İstanbul. Kota metropolis yang menjadi titik temu banyak peradaban di masa lalu ini kini dihiasi gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan raksasa, hotel bintang lima, dan kantor pusat bank. Tentu saja, ini juga berarti suasana sosial yang semarak, restoran yang bagus, dan kehidupan malam yang semarak. Selain banyak tempat hiburan, Ankara menjadi tuan rumah banyak situs sejarah dan budaya, museum, dan taman. Ankara, di jantung Türkiye, memadukan pengalaman yang terinspirasi oleh tradisi dan modernitas.


Anıtkabir, mausoleum Mustafa Kemal Atatürk, pendiri Republik Turki, adalah ungkapan rasa hormat dan penghargaan yang tiada henti dari bangsa Turki kepada bapak pendirinya. Struktur yang sangat besar ini dikelilingi oleh pekarangan yang terawat indah dan benar-benar menakjubkan! Museum Anıtkabir Atatürk menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk mengenal barang-barang pribadi Atatürk. Anıtkabir memberi pengunjung kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk merasakan negara Turki yang sesungguhnya!


İstanbul, kota metropolitan Türkiye yang ramai, adalah kota yang penuh pesona, di mana masa lalu berjalan seiring dengan masa kini dan setiap langkah mengungkap peninggalan masa lalu. Di persimpangan dua benua - Eropa dan Asia - kota spektakuler ini telah menyerap yang terbaik dari kedua dunia. Dengan landmark bersejarahnya yang indah, masakan klasik, kehidupan malam yang semarak, festival seni dn musik, perayaan iman, labirin pasar, dan pusat perbelanjaan , detak jantung İstanbul, dan jiwa Bosphorus di bawah pengawasan Maiden's Tower adalah impian para pelancong.


Ayasofya-i Kebîr Cami-i Şerîfi (Masjid Agung Hagia Sophia), salah satu tempat kunjungan paling megah di İstanbul, siap memikat Anda. Ini adalah bangunan bersejarah dari tahun 537 hingga sekarang! Ya, itu besar dan menakjubkan di luar tetapi keajaiban muncul saat Anda melangkah masuk. Di antara banyak tempat untuk dikunjungi di İstanbul, inilah tempat yang akan Anda habiskan berjam-jam menatap interiornya yang ajaib dengan takjub.



13 views0 comments

Comments


bottom of page